Cara Flash Samsung untuk semua mrek Terbaru 2018

Share:
Cara Flash Samsung untuk semua mrek Terbaru 2018

Dengan membaca artikel ini dan mengikuti langkah-langkah flashing yang saya tulis maka kalian bisa melakukan hard reset / flashing android samsung untuk semua jenis tipenya.

Jika dalam komputer lebih dikenal dengan instal ulang, dalam android lebih familier dengan sebutan flash. Intinya sama yakni untuk memperbarui sistem operasi kedua perangkat tersebut (komputer / smartphone). Hal ini dilakukan apabila terdapat beberapa kerusakan pada software android tersebut, misalnya tiba-tiba mati atau restart sendiri, ada beberapa aplikasi terbuka sendiri secara otomatis atau menutup dengan sendirinya, bahkan tidak bisa masuk ke menu (hanya sampai logo ketika dinyalakan "bootloop"). Jalan satu-satunya yaitu dengan melakukan flashing, sebab jika hanya dengan reset pabrik saja saya rasa itu belum cukup, reset pabrik hanya menghapus data dan chace saja pada perangkat android tersebut. Mengingat hal ini maka mau tidak mau harus flashing untuk memperbarui semua operasi sistem supaya lebih segar kembali.

Perlu di ingat Cara Flash Samsung Untuk Semua Mrek Terbaru 2018.
   memperbaiki kerusakan maka perhatikan dulu jenis kerusakannya, apakah pada hardwarenya atau shoftwarenya. Jika kita mengingat pelajaran kelas 7 SMP, ada dua komponen pada komputer yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Contoh perangkat keras komputer ; keyboard, monitor, mouse, CPU. Contoh perangkat lunak komputer ; OS (windows, linux, MAC OS), program aplikasi (photoshop, microsoft office, media player). Begitupun pada Android, ada chasing, batre, touch screen, dll ini termasuk perangkat keras android. Kemudin ada firmware dan beberapa aplikasi lain ini termasuk perangkat lunak android. Jadi apabila kerusakan itu ada pada perangkat keras kita tidak bisa memperbaikinya dengan cara flashing, masak layar pecah bisa kembali normal setelah di instal ulang, tidak mungkin kan? Jangan harap batre ngedrop bisa normal kembali setelah di flash, kenapa? Sudah tahu jawabannya kan? Hehe.
Sebenarnya Cara Flash Samsung untuk semua mrek
ada dua cara flashing smartphone yakni tanpa PC dan menggunakan PC sebagai pihak ke tiga, namun di sini saya menggunakan cara yang kedua yaitu dengan PC, alasannya adalah lebih aman dan lebih mudah.

#1. Bahan yang dipersiapkan
PC (laptop/komputer) dengan OS windowsKabel konektor (USB) yang menghubungkan PC ke HPDriver USB samsung jika dibutuhkanOdinFirmware samsung
#2. Memastikan bahwa firmware cocok dengan tipe HP

Banyak tutorial yang menjelaskan tentang cara flash HP, sekaligus menyediakan firmwarenya, tetapi di sini saya lebih menyarankan untuk mengunduh firmware tersebut langsung pada website resmi samsung yakni sammobile .com, guna memastikan kita tidak salah mengunduhnya. Silahkan akses website tersebut, cari firmware pada kolom yang disediakan, dan pastikan firmware yang akan diunduh sudah sesuai dengan model/ tipe HP.

Inilah mengapa saya mengambil judul Cara Flash Samsung untuk semua mrek Terbaru 2018.   semua firmware bisa di cari di sana, odin juga tersedia di sana, lengkap dengan instruksi flashingnya.

2. Langkah-langkah Flashing

Extract file firmware dan odin yang selesai di unduhBuka file odin dan jalankan odin.exeNyalakan smartphone dengan menekan tombol Power + Home + Volume Bawah secara bersamaanSelanjutnya tekan tombol Volume Atas untuk masuk ke download modeKoneksikan smartphone ke PC dengan kabel konektor dan pastikan sudah saling terhubung yang ditandai ID:COM ada port terhubung misalnya 0:[COM7] atau pada kolom log / massage keluar pesan added.Masukkan file firmware pada kolom AP / PDABiarkan settingan odin secara deafult saja (jangan centang re-partition)Baca Bismillah kemudian klik tombol start pada odinBiarkan proses flashing berjalan sempurna, jangan sampai disconnect, untuk itu amankan PC yang terhubung dengan smartphone dari jangkauan anak-anak :)Tunggu beberapa menit hingga proses selesai yang ditandai status PASS berwarna hijau dan secara otomatis smartphone akan restart sendiri.

Selama ini saya telah melakukan flashing android samsung dari berbagai tipe / model dan semuanya berhasil dengan sempurna. Langkah-langkah flashing semuanya sama, yang membedakan hanyalah firmwarenya saja, untuk itu pastikan firmwarenya sesuai dengan model / tipe smartphone yang akan di flash.

#3. Permasalahan yang mungkin terjadi

Dari lima HP yang saya flash ada dua permasalahan terjadi saat itu, diantaranya adalah:
Pertama ; proses restarting HP begitu lama, permasalahan ini terjadi sebab HP yang saya flash memang berbulan-bulan tidak pernah digunakan. Jadi apabila ada permasalahan sama seperti ni, biarkan saja dulu HP dalam proses restart, tunggu sampai satu jam. Apabila selesai satu jam restarting tidak kunjung selesai, mungkin permasalahannya seperti permasalahan ke dua yang saya alami juga.

Kedua; saya pernah otak atik HP samsung Ace 3, mulai dari ngeroot sampai upgrade OS, tidak tahu kenapa meskipun sudah saya flash tetapi hasilnya tetap sama (tetap ada beberapa kerusakan), bahkan tidak bisa nyala kembali. Kemudian saya ulangi langkah-langkah flashing di atas, setelah proses flashing selesai saya tidak biarkan HP restart sendiri tetapi langsung saya copot batreinya, setelah itu saya pasang kembali batreinya kemudian melakukan Factory Reset. Caranya adalah masuk ke Recovery Mode dengan menekan tombol Power + Home + Volume Atas secara bersama, selanjutnya pilih Wipe data/ Factory Reset. Dan akhirnya samsung ACE 3 saya kembali normal.

Demikianlah Cara Flash Samsung untuk semua mrek Terbaru 2018. Semoga menambah pengetahuan

NB : untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan pada smartphone android kesayangan kalian, alangkah baiknya kalian memahami dan mengetahui tentang cara meningkatkan dan menjaga performa xndroid.  Dengan mengetahui hal tersebut kalian lebih bisa menjaga performa android.  Sehingga tetap awet dan tidak mudah rusak.